Tuesday, January 22, 2013

Asosiasi Asuransi bersiap rancang polis khusus banjir

Sumber : http://www.merdeka.com/uang/asosiasi-asuransi-bersiap-rancang-polis-khusus-banjir.html
Banjir yang melanda DKI Jakarta pekan lalu, membuat klaim asuransi melonjak. Diperkirakan klaim akan mencapai Rp 3 triliun atau naik sebesar 50 persen dari klaim polis 2007. Khusus klaim untuk kendaraan bermotor yang rusak, Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memprediksi jumlahnya sebesar Rp 50 miliar.

Ketua AAUI Cornelius Simanjuntak menyatakan pihaknya siap mengganti semua kerugian. Namun untuk menjaga agar industri asuransi tetap sehat, pihaknya siap menyusun polis khusus banjir. Lonjakan klaim pada setiap banjir besar, menjadi alasan perusahaan asuransi membuat polis khusus banjir.

"Kalau banjir masih ditanggung dengan skema perluasan kebakaran atau harta benda, dana yang harus disiapkan besar, padahal premi dibagi untuk pelbagai macam risiko," ujarnya di kantornya, Selasa (22/1).

Cornelius menyatakan polis khusus diperlukan agar industri bisa menyiapkan kebutuhan dana tersendiri untuk menanggung klaim banjir. Selama ini hanya ada polis perluasan bagi korban banjir, biasanya termasuk dalam polis asuransi atas bangunan, kendaraan, dan harta benda.

"Kalau setiap tahun bayar banjir, berapa tahun bayar preminya tidak cukup. Nah kita mau menjurus ke situ (membuat polis banjir).".

AAUI menilai dalam perkembangan terbaru banjir merupakan salah satu risiko utama yang melanda Indonesia. Sehingga polis khusus banjir bisa menarik minat masyarakat untuk bergabung.

"Banjir kan tidak hanya terjadi di Jakarta, Kalau tidak menarik dibuat orang tidak tertarik membeli. Banyak wilayah Indonesia saat ini saya pikir rawan, sehingga banjir ini malah risiko utama," ujarnya.

Kepala Pengawas Industri Keuangan Non-Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani mendukung rencana AAUI. Bila produk asuransi banjir dirancang baik, bisa menyehatkan industri.

"Tidak apa-apa, polis banjir itu bagus. Supaya asuransi tidak apa-apa rugi untuk klaim banjir, tapi dia bisa untung dari polis kebakaran," kata Firdaus.

[arr]


Best Regards :
Selvi Aldriani – 0817.487.0850
R&D and Technical Advisor
PT. Dian Makmur Jaya Abadi





2 comments:

  1. Great info. I love all the posts, I really enjoyed, I would like more information about this, because it is very nice., Thanks for sharing. Buy Youtube Subsribers

    ReplyDelete
  2. I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don't know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often.

    - Buy Instagram Likes || Buy keek Likes

    ReplyDelete